RSS

Rabu, 15 Desember 2010

GELIAT SEPAKBOLA INDONESIA

by M. Fauzan

Tak sabar rasanya menuggu tanggal 16 desember 2010, sehari lagi tapi waktu berjalan begitu lambat, perasaan kangen melihat aksi-aksi pemain timnas menaklukan lawan-lawannya begitu membuncah dalam dada (lebay niihhh…). Perasaan ini bukan hanya saya yang merasakan tapi ada jutaan pecinta sepakbola di negara yang makmur tapi miskin prestasi ini. Harapan dari dunia olahraga khususnya sepakbola untuk mendapatkan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama bangsa minimal untuk kawasan asia tenggara (gak usah muluk-muluk dulu ya…) begitu besar. Kami rindu akan prestasi itu, bukan rindu seperti rindunnya pungguk merindukan bulan(kagak bakal), tapi rindunya seorang astronot yang ingin mendarat ke bulan,dengan usaha pasti tercapai.
Bukan rahasia lagi negara dengan penduduk yang ratusan juta ini yang merupakan negara berpenduduk paling banyak di asia tenggara,no 3 di asia dan no 5 di dunia tak pernah sekalipun mengangkat tropi piala AFF yang dulunya bernama piala Tiger. Aneh bin nyata memang negara kita bisa kalah dalam urusan yang seperti ini dibanding negara-negara kecil yang berjiwa besar seperti Thailand, singapura dan vietnam. Padahal negara singapura hanya memiliki penduduk yang hanya sepersekian dari penduduk indonesia yang melimpah ruah ini. Tapi jangan salah, Singapura adalah negara yang paling maju disegala bidang untuk kawasan asia tenggara bahkan di asia setelah Jepang.
Faktor pertumbuhan suatu negara sangatlah berpengaruh dalam mencapai suatu prestasi dalam bidang olahraga, negara-negara eropa yang sudah maju memiliki kualitas sepakbola yang cukup jauh dibanding negara-negra di asia tenggara. Bahkan belum ada satu negara pun di asia tenggara yang pernah ikut dalam event olahraga paling akbar itu, konon indonesia pernah ikut tapi masih memakai nama Hindia Belanda, berarti bukan Indonesia dong, kan belum merdeka ya? Belum lahir maksudnya kalau lahirnya dihitung dari 17 agustus 1945 .
Tapi prestasi dalam bidang olahraga tidak mesti berbanding lurus dengan kemajuan suatu negara, Kita bisa berkaca dengan brazil yang telah merebut tropi piala dunia sebanyak 6 kali, suatu prestasi yang luar biasa…pemenang piala dunia paling banyak, yang mampu mendekati prestasinya hanya italia dengan 5 kali juara dunia. Brazil merupakan negara yang miskin dengan jumlah penduduk yang banyak (no 4 di dunia setelah china, india dan USA). Memiliki banyak masalah pribadi dalam negaranya yang masih terbengkalai sampai saat ini kalau hal ini saya sepakat setali tiga uang dengan indonesia, tapi ingat bukan dalam hal prestasi sepakbola saya bersepakat .
Agak sulit memang kalau kita menilai sesuatu dengan cara perbandingan karena ada hal-hal absrak yang tidak kasat mata untuk dinilai, dan mungkin hal itu yang menjadi kunci utama keberhasilan. Kalau saya melihat dari sisi pribadi, Brazil dan negara lain yang tergolong miskin seperti argentina misalnya memiliki tradisi sepakbola yang panjang yang sudah berakar kuat di hati sanubari setiap penduduknya, bahkan sepakbola sudah dianggap agama dengan stadion sebagai tempat ibadahnya. Wuih kalau kaya gitu mah susah nyari tandingannya.
Lepas dari itu semua kita hanya bisa memberi dukungan kepada pemain-pemain timnas yang akan bertanding beberapa hari lagi, khusus bagi saya, saya akan memanjatkan doa khusus dalam tiap doa-doa saya semoga timnas selalu berhasil meraih kemenanngan di setiap pertandingan yang akan dihadapi.
Buktikan merahmu…
Selamat berjuang…

0 komentar: