RSS

Rabu, 15 Desember 2010

3 PERTANYAAN BESAR DALAM HIDUP???

By : M. Fauzan

Pergantian tahun sebentar lagi. Banyak peristiwa yang kita lalui dalam setahun baik itu suka maupun duka. Tak terasa kita akan memasuki tahun 2011, padahal baru saja kita merayakan tahun baru 2010. Waktu memang tak terasa berjalan memakan usia kita, mengurangi jatah hidup di dunia yang telah ditentukan oleh sang khalik. Sudahkah kita memanfaatkan waktu dengan baik????.
Kalau sudah bersyukurlah karena waktu yang berlalu takkan pernah kembali, hidup bagaikan bahtera yang mengarungi samudera waktu yang nantinya akan bertepi di penghujung usia. Suatu saat kita akan tiba di pelabuhan akhir, dimana tak ada yang bisa menolong selain amal perbuatan kita.
Untuk menghargai waktu yang diberi kepada kita sebagai manusia dari sang pencipta, kita mencoba merenung sejauh apa perjalanan kita. Ada tiga pertanyaan besar dalam hidup ini yang harus terjawab dan nantinya akan mengantarkan kita untuk menjadi manusia yang lebih berarti.
pert ama, Dari manakah kita(manusia) berasal?
Kedua, Untuk apakah kita hidup di dunia?
Ketiga, Kemanakah kita setelah menjalani kehidupan di dunia ini?
Dari ketiga pertanyaan di atas muncul banyak versi jawaban, semua menjawab dengan renungan dan keyakinan yang diyakini, pengetahuan yang dimiliki, pengalaman yang pernah dialami. Tapi mengapa kita masih memilki perbedaan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan besar di atas? Tentu saja karena setiap insan di dunia ini memiliki kadar keyakinan, pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda.
Saya tidak akan membahas masing-masing jawaban dari berbagai ideologi dan agama yang berusaha menjawabnya. Pertanyaan di atas hanyalah perenung bagi kita untuk melangkah ke kehidupan yang lebih baik. Anda dan saya memiliki keyakinan, pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. Semua jawaban bermuara pada satu tujuan yang akan membawa kita untuk berbuat lebih baik kepada sesama dan menghargai waktu dengan efektif.
“Ya Allah Berikanlah kami umur yang berkah dan Lindungilah hamba dari sesuatu yang tidak bermanfaat.”

0 komentar: