RSS

Minggu, 21 November 2010

BERSYUKUR

oleh : Fauzan Syahid

SYUKURI APA YANG ADA, HIDUP ADALAH MISTERI...

sepenggal lagu diatas mempunyai makna yang dalam bila direnungkan...
terkadang rasa syukur sulit untuk kita lakukan padahal nikmat dan karunia Tuhan kepada kita sangatlah banyak,ibarat air laut bila dijadikan tinta untuk menulis nikmat Tuhan dia tidak akan pernah cukup saking banyaknya nikmat itu.
hidup ini adalah misteri karena tak ada orang yang bisa memastikan sesuatu hal di masa yang akan datang walaupun untuk memastikan kejadian-keajdian hari esok dengan tepat,karena Tuhanlah yang akan menentukan semua,sebagai manusia kita hanya bisa merencanakan dengan baik.
terkadang hidup kita dibawah tetapi kedepan bukan hal yang mustahil kita bisa berada diatas ibarat roda dia selalu berputar,hanya saja putaran itu terasa lambat dirasakan saat kita berada dibaawah kita harus sabar menunggu dan selalu bersyukur dengan nikmat yang telah kita dapat saat ini....
ada beberapa hal yang membuat kita menajdi makhluk yang tidak bersyukur.

hal pertama
kita selalu dibutakan dengan hal-hal yang ingin kita dapatkan.ketika hal itu tidak tercapai kita menajdi enggan bersyukur karena Tuhan tidak memenuhi permintaan kita...
kadang-kadang kita tidak merasa puas dengan apa yang kita dapatkan saat ini,padahal mungkin saat ini kita sudah memiliki kendaraan,rumah yang nyaman,pasangan yang setia,keluaraga yang perhatian.tetapi semua itu masih terasa kurang.kita selalu terobsesi dengan hasrat untuk memiliki sesuatu yang lebih dari apa yang kita dapatkan.pikiran kita sudah diracuni oleh obsesi2 ini,kita selalu merasa kurang dan kurang. memang kita harus mempunyai impian atau obsesi untuk memiliki sesuatu yang kita impikan,ini berarti kita tidak tinggal diam untuk maju kedepan,kita harus memiliki harapan karena harapan adalah tujuan kita melangkah ke depan.tapi hal ini terkadang menjadi benturan antara impian dan rasa syukur,sesuatu yang membuat kita lupa bersyukur,karena kita selalu merasa kurang karena keinginan yang tidak terpenuhi.

hal kedua
kita selalu membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain,kita selalu merasa kurang puas bila melihat orang lain melebihi apa yang kita miliki,kita merasa kurang dan kurang,merasa Tuhan itu tak adil dalam kehidupan ini,padahal tanpa sadar kita sudah berprasangka buruk dengan Tuhan,naudzubillah minzalik.ketahuilah kawan kemana pun kita berjalan kita akan selalu menemukan orang yang lebih dari kita, lebih kaya, lebih keren, lebih tampan, lebih cantik, lebih pintar...hal ini janganlah membuat hati kita menjadi resah dan gelisah karena tak bisa melebihi orang itu.
kita sebaiknya jangan hanya memandang keatas tapi cobalah kita memandang kebawah masih bayak kog orang disekitar kita yang tidak sebruntung kita.masih banyak orang yang hidup dengan kesusahan makan sekali puasa 2 hari, mungkin dengan melihat kondisi ini kita dapat merasakan beruntungnya kita masih diberi nikmat oleh Tuhan..
memang akan selalu mudah untuk bersyukur dengan hal-hal yang baik untuk itulah kita selalu berpikiran positf tentang semua yang terjadi.dengan bersyukur kita selalu damai, tenang, tentram dan jauh dari sifat-sifat hati yang busuk.

Bersyukurlah untuk masa-masa sulit yang kau hadapi ...
karena di masa itulah kamu tumbuh dan menjadi kuat ...

Bersyukurlah untuk keterbatasanmu ...
Karena hal itu memberimu kesempatan untuk berkembang dan belajar...

Bersyukurlah untuk setiap tantangan baru ...
Karena itu akan membangun kepribadian dan karaktermu ...

Bersyukurlah untuk kesalahan yang kamu buat ...
Itu akan mengajarkan pelajaran-pelajaran hidup yang berharga.

terkadang aku tak mendapatkan apa yang aku sukai,
oleh karena itu aku selalu menyukai apa yang aku dapatkan...

0 komentar: